Mengagas INDONESIA DISASTER HANDBOOK


Indonesia adalah negeri dengan ragam dan jumlah bencana yang sangat banyak. Dengan jumlah penduduk yang besar, bencana merupakan ancaman sangat serius bagi Indonesia. Tsunami di Aceh yang memakan korban ratusan ribu jiwa adalah contoh di depan mata, bagaiman kita tak boleh menganggap remah bencana sebagai sebuah kejadian yang harus dikurangi resikonya sehingga tak perlu memakan korban yang besar.

Masyarakat membutuhkan informasi yang penting seputar bencana. Baik mengenai macam-macam bencana yang mungkin timbul, maupun bagaimana hal ini bisa diantisipasi oleh lingkungan terkeci;l seperti rumah, sekolah, pasar dan tempat bekerja serta tempat aktifitas lainnya, serta bagaimana memahami kerja para pihak dalam mengantisipasi bencana dan melakukan respon bencana. Masyarakat juga perlu memahami bagaimana berkordinasi dan jaringan informasi kebencanaan, bagaimana melakukan mitigasi mikro di lingkungannya dan menjadi relawan kebencanaan. Masyarakat juga perlu makahami pihak-pihak pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana serta mengenal lembaga masyarakat yang mengkhususkan diri dalam penanggulangan kebencanaan.

Buku INDONESIA DISASTER HANDBOOK ini akan menjadi kebutuhan utama segenap masyarakat Indonesia dalam upaya tanggap terhadap bencana, ketika bencana itu terjadi maupun sebelum terjadi bencana. Buku ini ditulis oleh Moh. Arifin Purwakananta dan direncanakan akan diterbitkan akhir 2011 ini.

No comments: